RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA
)
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam
kehidupan sehari hari.
B. Kompetensi Dasar
8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat
kertas/parasut.
C. Indikator
Pencapaian Pembelajaran
8.3.1.
Menyebutkan
contoh perubahan energi di sekitar
8.3.2.
Membuat
pesawat terbang dari kertas
8.3.3.
Membuktikan
perubahan gerak akibat pengaruh udara
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan ceramah
dan tanya jawab di harapkan:
·
Siswa dapat
menyebutkan contoh perubahan energi di sekitar
Setelah kegiatan praktek dan diskusi diharapkan:
·
Siswa dapat
membuat pesawat terbang dari kertas
·
Siswa dapat
membuktikan perubahan gerak akibat pengaruh udara
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Ajar
Energi dan Perubahannya
Energi
adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja). Energi di peroleh dari sumber
energi yaitu:
a. Matahari
b. Angin
c. Air
d. Makanan
e. Listrik
f. Bahan
bakar
Energi
memiliki berbagai bentuk yaitu:
a. Energi
panas
b. Energi
cahaya
c. Energi
listrik
d. Energi
bunyi
e. Energi
kimia
Contoh
perubahan energi diantaranya adalah sebagai berikut:
·
Energi panas menjadi energi listrik,
·
Energi listrik menjadi energi gerak,
·
Energi listrik menjadi energi panas
·
Energi gerak menjadi energi listrik
Model
Perubahan Energi
Model Perubahan Gerak Akibat Pengaruh Udara
a. Parasut
b. Pesawat Terbang
F. Pendekatan
=> Sains Tekhnologi Masyarakat (STM)
G. Metode
Pembelajaran
o
Ceramah
o
Tanya jawab
o
Praktek
o
Diskusi
H. Kegiatan Pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
|
-
Apa sajakah yang termasuk sumber
energi?
-
Sebutkan bentuk-bentuk energi?
|
+ 10 Menit
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Elaborasi
|
|
+ 50 menit
|
Kegiatan
akhir
|
|
+ 10 menit
|
I. Sumber, Media dan Alat/bahan
Sumber : • KTSP 2006
• Buku Ilmu Pengetahuan
Alam untuk SD dan MI kelas IV,
Alat/bahan : Kertas
tulis/HVS
J.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Jenis Tes
|
Bentuk Instrumen
|
·
Menyebutkan
contoh perubahan energi di sekitar
·
Membuat
pesawat terbang dari kertas
·
Membuktikan
perubahan gerak akibat pengaruh udara
|
·
Praktek
·
Tes Lisan
·
Tes Tulis
|
·
Hasil Produk
·
Laporan
·
Essay
|
K.
Format Penilaian
Proses (praktek)
No.
|
Nama
|
Aspek yang di amati
|
Skor
|
Nilai
|
|||||
Keseriusan
|
Kerapihan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
2.
|
|||||||||
3.
|
Keterangan:
Aspek Keseriusan :
1 = Jika siswa tidak
serius dalam melakukan praktek
2 = Jika siswa kurang
serius dalam melakukan praktek
3 = Jika siswa sangat
serius dalam melakukan praktek
Aspek Kerapihan:
1 = Jika hasil produk
tidak rapih
2 = Jika hasil produk
kurang rapih
3 = Jika hasil produk
sangat rapih
Rumus perrhitungan
Nilai
= Skor yang diperoleh x 100
Skor Maksimal
Instrumen
Soal
2.
Apa yang dimaksud dengan energi?
3.
Sebutkan sumber-sumber energi yang ada
disekitar kita!
4.
Sebutkan lima bentuk energi yang kamu
ketahui!
5.
Berilah tiga contoh perubahan energi!
6.
Sebutkan cara untuk menghemat energi
dalam kegiatan sehari-hari!
Kunci Jawaban
1.
Energi adalah kemampuan untuk melakukan
usaha atau kerja
2.
Matahari, Angin, Air, Makanan, Listrik, Bahan bakar
3.
(a) Energi panas, (b)energi cahaya, (c) energi
listrik, (d) energi bunyi, (e) energi kimia.
4.
Panas menjadi listrik, listrik menjadi
gerak, gerak menjadi listrik
5. Menggunakan
air secukupnya, menggunakan bahan bakar seperlunya.
..........,............................
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran IPA
...................................
.........................................
NIP. NIP.
Bagus, ijin nyuplik ya
BalasHapus